PERKARA MENJADI DEWASA

Dek,
Akhirnya kini tiba waktumu
merasakan bagaimana proses berjuang menjadi manusia dewasa
Kalau menurut ketentuan negara kita, memang kau sudah terbukti secara legal sebagai manusia dewasa
Kau telah mendapatkan identitas kependudukanmu
dan kau telah memiliki hak untuk memilih siapa pemimpinmu
Namun tahukah kau, perkara menjadi dewasa bukan sekedar sampai disitu
Sesungguhnya ada hal yang kini lebih penting untuk membentuk dirimu menjadi manusia dewasa
Menentukan pilihan kemana kau akan menapakkan kakimu selanjutnya
Kau harus memilih saat ini
Memilih mau jadi apa kau nanti
Mau kau bawa kemana setiap impianmu
Apakah kau memang punya ambisi untuk mengejar mimpimu
Jangan sampai kau hanya gantungkan hidupmu pada saran orang lain
Bukan mereka yang berkuasa atas hidupmu
tapi kau sendiri yang harus paling tahu apa maumu dan kebutuhanmu
Aku tak bermaksud mengguruimu karena aku lebih tua
Umurku bukanlah indikator yang menunjukkan aku telah menjadi manusia dewasa yang paripurna
Aku hanya lebih dahulu merasakan posisimu saat ini
Aku hanya lebih dulu mengalami semua proses itu
sehingga aku bisa mengatakan ini padamu

Bagaimana menurutmu? Apakah kau menikmati prosesmu sekarang?
Susah kan jadi orang dewasa?
Tapi memang itu yang harus kau rasakan
Sebab saat kau jadi mahasiswa nanti, akan lebih banyak persoalan hidup yang lebih sulit
Bahkan saat kau telah jadi sarjana, akan jauh lebih banyak persoalan pelik yang kau lihat
Aku ingin kau menikmati kegagalanmu sekarang
Aku ingin kau menikmati sakitnya menjadi orang gagal
Ya, anggaplah ini sama dengan saat kau berani memilih untuk berpacaran
Tentu kau menikmati setiap proses kau jatuh cinta dan patah hati kan
Jadi mimpi itu sama seperti cintamu saja
akan ada saat kau benar-benar berambisi untuk mendapatkan dan menjaganya lalu kau patah arang karena kau gagal mendapatkan apa yang kau mau
sementara hidupmu terus berjalan dan kau harus menentukan kelanjutannya

Maaf, ini semua bukan karena aku ingin menjadi kakak yang jahat
Kau boleh berkata aku terlalu keras padamu
Tapi begitulah dunia bekerja
Dunia tak selalu bekerja sesuai dengan kehendak kita
Akan lebih banyak lagi kenyataan yang kadang kau terima tak sesuai dengan kehendakmu
Ini semua baru permulaan
masih perkara mudah saat kau harus menentukan akan kuliah dimana
Meskipun mungkin kau merasa minder dengan kemampuanmu sekarang
Tapi yakinlah, selalu ada hasil yang baik saat kau berjuang dengan proses dan kemauan yang gigih
Bersyukurlah dengan yang kau hadapi saat ini
Tak semua teman seusiamu bisa memikirkan akan kuliah kemana
Cukup mereka berpikir bagaimana mendapatkan uang untuk makan besok

Jadi, jangan lagi kau tanyakan padaku tentang arah hidupmu
Tentukanlah semua!
Berkreasilah dengan semua mimpimu!
Aku akan membimbingmu jika kau ingin
Tapi aku tak akan mengarahkanmu untuk mengikuti jalanku atau bahkan mendiktemu
Saat kau telah berani mengambil langkah, maka kau harus berani menghadapi konsekuensi dari setiap pilihan yang kau ambil
Selamat berproses ! Semoga semakin banyak benturan yang kau hadapi menjadikanmu makin kuat dan siap menghadapi dunia :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEMAHASISWAAN ITB DI MATA NYOMAN ANJANI: SANG PEMIMPIN PERGERAKAN MAHASISWA ITB

YAKIN BERHIJAB?

PENGORBANAN SELALU MEMBUTUHKAN HARGA