SIAPAKAH TUHAN YANG BENAR?

Di negeriku,
Aku mengenal ada 6 keyakinan yang dianut masyarakatnya
Ada Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Budha dan Kong Hu Chu
Semuanya menyembah Tuhannya masing-masing
menyebut Tuhannya dengan panggilan sesuai keyakinan agamanya

Tapi siapakah sebenarnya Tuhan
Apakah memang ada Tuhan masing-masing agama
dengan surga dan akhiratnya masing-masing
Ataukah sebenarnya hanya ada satu Tuhan
namun manusialah yang membuat agama ada
dan sebutan yang berbeda untuk masing-masing keyakinannya

Aku bukan sedang meragukan keyakinanku
Aku juga tak ingin menjadi seorang atheis
Aku hanya memiliki tanya besar dalam diriku
Siapakah Tuhan yang benar?
Tuhannya orang Islamkah? Tuhan orang Kristenkah?
Atau Tuhan yang disembah umat Budha, Hindu ataupun Kong Hu Chu?

Jika memang Dia satu,
Lalu kenapa semua harus terpecah begini
Toh bukannya semua agama mengajarkan hal yang sama
tentang kasih, kebaikan, ketaataan, berbagi
dan semua ajaran yang membawa umatNya pada kebenaran
Kenapa tak jadi satu saja semuanya?
Biar dunia jadi damai juga
tak perlu lagi ada konflik dan perang hingga korban berjatuhan
karna perbedaan agama
tak perlu orang susah dipersatukan dalam pernikahan karna beda agama

Dimana aku harus mencari jawaban atas tanya besar ini
Mungkin tanya bahkan yang tak ada jawabnya di dunia
Ataukah harus seseorang menemui ajalnya lebih dahulu
hingga ia tahu mana Tuhan yang benar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEMAHASISWAAN ITB DI MATA NYOMAN ANJANI: SANG PEMIMPIN PERGERAKAN MAHASISWA ITB

YAKIN BERHIJAB?

PENGORBANAN SELALU MEMBUTUHKAN HARGA